Mengenal ARC Bagi Warga Asing di Taiwan

Mengenal ARC Bagi Warga Asing di Taiwan

Setiap warga negara wajib memiliki identitas, bahkan warga negara asing yang tinggal di negara tersebut. Taiwan memfasilitasi soal kependudukan dan pendataan bagi warga negara asing yang tinggal dan bekerja di Taiwan.

Pemerintah Taiwan mengeluarkan ARC atau Alien Resident Certificate sebagai kartu identitas resmi bagi warga negara asing. Kartu ini diberikan bagi warga negara asing yang tinggal lebih dari 6 bulan. ARC digunakan hampir semua kegiatan administrasi sebagai identifikasi dalam membuka rekening bank, membeli kartu SIM, mendaftar asuransi kesehatan, dan lain lain.

1.     AWAL PENERAPAN ARC


(Sumber Gambar: WikIpedia.com)

Kebijakan penggunaan ARC ini berkaitan dengan perubahan politik dan hukum di Taiwan. Tahun 1949, sesudah selesainya Perang Saudara Tiongkok, pemerintah Tiongkok yang dipimpin oleh Partai Kuomintang yang dipimpin Ching Kia Sek melarikan diri ke Taiwan.

Memang Taiwan sebagai tujuan bagi banyak orang yang melarikan diri dari Tiongkok. Untuk mengatur kehadiran penduduk asing di Taiwan, pemerintah Taiwan mulai menerapkan sistem identifikasi resmi, yang sekarang dikenal menjadi Alien Resident Certificate.

Seiring dengan perubahan sosial dan kebijakan di Taiwan, ARC mengalami beberapa perubahan sepanjang sejarahnya. Pada awalnya, ARC dirancang sebagai kartu identifikasi yang diberikan kepada para imigran yang berasal dari daratan Tiongkok. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, ARC juga diperluas untuk mencakup penduduk asing dari berbagai negara di seluruh dunia.

2.     PENERBITAN ARC


(Sumber Gambar: TCA.GOV)

ARC Taiwan dikeluarkan oleh National Immigration Agency (NIA) di TaiwaTCAn, proses penerbitan melibatkan beberapa dokumen dan persyaratan seperti paspor, foto identitas, dan bukti tempat tinggal.

Anda harus mengajukan permohonan untuk ARC Taiwan di kantor NIA terdekat dengan tempat tinggal Anda. Proses pemeriksaan dan pemprosesan dilakukan oleh otoritas imigrasi Taiwan. Jika permohonan disetujui, Anda akan menerima ARC sebagai tanda pengenal resmi.

3.     KEGUNAAN ARC


(Sumber Gambar: miladinara.blogspot)

ARC memiliki banyak fungsi dan kegunaannya seperti bukti bahwa penduduk asing memiliki izin tinggal yang sah di Taiwan. Kartu ini menyatakan secara resmi status legal mereka sebagai penduduk tetap atau sementara di negara Taiwan. ARC menjadikan penduduk asing dapat membuktikan identitas dan keabsahan status tinggal di Taiwan.

ARC juga memungkinkan penduduk asing untuk bepergian masuk dan keluar dari Taiwan tanpa hambatan. Kebebasan mobilitas ini mempermudah penduduk asing untuk menjalani kegiatan bisnis, liburan atau mengunjungi keluarga dan teman di dalam dan luar Taiwan.

Selain itu, ARC memberikan penduduk asing untuk dapat mengakses berbagai layanan publik di Taiwan. Anda dapat mendaftar dan menggunakan layanan kesehatan, mengakses pendidikan, dan mendapatkan perlindungan asuransi sosial.

Related Blog Post

Kai Tak, Bandara "Menyeramkan" di Hongkong

Bandara Kai Tak adalah bandara utama Hong Kong ya

Yang Di-Pertuan Agong, Kepala Negara Malaysia.

Setiap negara pasti memiliki cerita dan keunikan

Tips dan Cara bekerja di Luar Negeri dengan Aman

Bekerja di luar negeri sering kali menjadi impian