MAU KULIAH DENGAN BEASISWA DI  UNIVERSITAS TERBAIK BELANDA?

MAU KULIAH DENGAN BEASISWA DI UNIVERSITAS TERBAIK BELANDA?

Belanda adalah salah satu negara yang populer di kalangan mahasiswa internasional, terutama bagi mereka yang ingin mengejar pendidikan tinggi yang berkualitas. Dalam dunia pendidikan, Belanda merupakan negara pertama di Benua Eropa yang menawarkan program-program belajar yang diajarkan dalam bahasa Inggris. Sistem pendidikan tinggi Belanda yang bereputasi telah menerima pujian internasional atas penggunaan sistem ‘problem-based-learning’ atau ‘belajar-berbasis-permasalahan’ merupakan suatu sistem yang mendorong mahasiswa untuk menganalisis permasalahan dalam bidang kuliah pilihan mereka dan mendapatkan kesimpulan melalui belajar mandiri dan diskusi kelompok.

Berikut adalah beberapa beasiswa yang dapat kamu gunakan untuk berkuliah di Belanda, antara lain: 

1)    Studeren in Nederland (STUNED)

 

Beasiswa pertama yang bisa dicoba untuk kamu yang ingin berkuliah di Belanda tanpa biaya adalah STUNED. Beasiswa dari pemerintah Belanda ini merupakan bagian dari kerja sama bilateral antara pemerintah Belanda. Tujuan dari beasiswa ini adalah untuk membantu pembangunan Indonesia melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia. Ada dua program studi internasional dalam bahasa inggris yang tersedia yaitu short course (2-12 minggu) dan master course (12-24 bulan). Beasiswa STUNED meliputi uang kuliah (maksimal EUR 20.000 per tahun), biaya hidup (uang bulanan), biaya perjalanan internasional dan lokal, dan biaya lain yang diperlukan untuk mendukung studi. FYI, kamu harus memiliki surat penerimaan atau Letter of Acceptance (LoA) dari universitas di Belanda untuk bisa mendaftar STUNED.

 

2)    Orange Knowledge Programme

 

Beasiswa kedua yang bisa kamu apply untuk berkuliah di Belanda tanpa biaya adalah Orange Knowledge Programme, yang sebelumnya dikenal dengan nama Netherlands Fellowship Programme (NFP). Beasiswa ini didanai oleh Ministry of Foreign Affairs of the Netherlands dan diadakan demi meningkatkan kapasitas, pengetahuan dan kualitas individual ataupun institusi pendidikan tinggi serta kejuruan. Untuk mendapatkan beasiswa Orange Knowledge Programme, kamu harus bersaing dengan pelamar dari 51 negara lain yang juga menjadi fokus beasiswa ini. Untuk pelamar dari Indonesia, bidang yang menjadi prioritas adalah Rule of Law, Water, Agriculture, dan Sustainable Entrepreneurship. Ada dua program yang tersedia dalam beasiswa ini yaitu master course dan short course.

 

3)    Orange Tulip Scholarship (OTS)

 

Beasiswa yang satu ini merupakan program beasiswa yang diberikan oleh Institusi Pendidikan Tinggi Belanda, perusahaan Belanda dan pemerintah Indonesia bagi warga negara Indonesia. Berbeda dengan beasiswa lain, Orange Tulip Scholarship ini menyediakan program foundation yaitu sebuah program bimbingan untuk kamu yang belum memiliki kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni. Jenjang studi yang tersedia dalam beasiswa ini adalah Bachelor (S1) dan Master (S2). Ada lebih dari 36 beasiswa dalam OTS dengan nilai total lebih dari EUR 656,000 untuk jenjang Foundation, Bachelor dan Master lho. Sebagai informasi tambahan, beasiswa ini masuk kategori beasiswa parsial ya. Selain itu beasiswa ini hanya berlaku untuk universitas tertentu di Belanda.

4)    NL Scholarship

 

NL Scholarship merupakan salah satu beasiswa yang bisa kamu apply agar bisa berkuliah di Belanda tanpa biaya. Beasiswa ini dibiayai oleh Kementerian Pendidikan, Budaya dan Ilmu Pengetahuan Belanda yang bekerja sama dengan universitas riset dan universitas ilmu terapan Belanda. NL Scholarship khusus ditujukan bagi pelajar internasional dari luar Area Ekonomi Eropa (EEA) yang ingin menempuh program studi bachelor dan master. Total dana yang disediakan untuk beasiswa ini adalah EUR 5,000 dan akan diberikan di tahun pertama studi.

 

5)    Beasiswa dari Pemerintah Indonesia

 

Beasiswa terakhir yang bisa dipertimbangkan untuk kamu yang ingin berkuliah di Belanda tanpa biaya adalah beasiswa dari pemerintah Indonesia. Berbeda dari ke-4 beasiswa sebelumnya yang mayoritas dibiayai oleh pemerintah Belanda, maka kali ini kamu bisa mencoba beasiswa dari pemerintah Indonesia. Ada dua program beasiswa yang bisa kamu apply yaitu LPDP dan beasiswa Kominfo.
Kedua beasiswa ini rutin dibuka setiap tahun sehingga kamu memiliki kesempatan penuh untuk mencoba beasiswa ini.

  

6)    The Joint Japan/World Bank Graduate Scholarship Program

 

Joint Japan World Bank Graduate Scholarship Program (JJWBGSP) terbuka untuk warga negara dari negara berkembang dengan pengalaman profesional yang relevan. Beasiswa ini mendukung upaya pembangunan negara berkembang yang pelajarnya mendaftar ke program magister. JJWBGSP menawarkan beasiswa untuk 26 program, di universitas-universitas AS, Eropa, Afrika, Oseania, dan Jepang, pada bidang-bidang utama pembangunan, termasuk manajemen kebijakan ekonomi, kebijakan pajak, dan manajemen infrastruktur.

Rekomendasi 7 Universitas Terbaik di Belanda


1)    Wageningen University & Research (Wageningen UR)

 

Wageningen University & Research merupakan universitas riset publik yang berspesialisasi dalam ilmu kehidupan dan sosial. Berdasarkan Times Higher Education World University Rankings 2023, Wageningen University & Research telah menjadi universitas terbaik di Belanda dengan peringkat ke-59 di dunia. Wageningen University & Research telah memimpin dunia dalam ilmu pertanian, ilmu tumbuhan, ilmu pangan, serta lingkungan dan ekologi. Bagi kamu mahasiswa yang berasal dari Eropa, kamu hanya perlu membayar tuition fee untuk pendidikan bachelor’s tahun 2023-2024 sebesar EUR 2.314. Jika kamu mahasiswa internasional, kamu perlu membayar tuition fee untuk pendidikan bachelor’s tahun 2023-2024 sebesar EUR 16.400.


2)    University of Amsterdam (UvA)

 

University of Amsterdam merupakan universitas riset publik dan yang terbesar dalam hal pendaftaran mahasiswa internasional di Belanda. Berdasarkan Times Higher Education World University Rankings 2023, University of Amsterdam berada di peringkat ke-60 di dunia. Selain itu, universitas ini terdiri dari tujuh fakultas yakni ilmu sosial dan perilaku, humaniora, ekonomi dan bisnis, hukum, sains, kedokteran, dan kedokteran gigi. Bagi kamu mahasiswa yang berasal dari Belanda dan Eropa, kamu hanya perlu membayar tuition fee untuk pendidikan bachelor’s tahun 2023-2024 sebesar EUR 4.628 per tahun. Jika kamu mahasiswa internasional, kamu perlu membayar tuition fee untuk Pendidikan bachelor’s tahun 2023-2024 sebesar EUR 13.600 per tahun.

 

3)    Utrecht University (UU)

 

Utrecht University merupakan salah satu universitas terbaik di Belanda untuk mahasiswa internasional. Universitas ini adalah lembaga paling berpengaruh di dunia dalam penelitian iklim dan ekosistem. Berdasarkan Times Higher Education World University Rankings 2023, Utrecht University menduduki peringkat ke-66 di dunia. Universitas ini terbagi menjadi beberapa fakultas yang dimiliki yaitu humaniora, kedokteran, dan sebagainya. Bagi kamu mahasiswa yang berasal dari Eropa, kamu hanya perlu membayar tuition fee untuk pendidikan bachelor’s tahun 2023-2024 sebesar EUR 2.314. Jika kamu mahasiswa internasional, kamu perlu membayar tuition fee untuk Pendidikan bachelor’s tahun 2023-2024 sebesar EUR 11.333.

 

4)    Delft University of Technology (TU Delft)

 

TU Delft merupakan universitas teknologi terbesar di Belanda. Berdasarkan Times Higher Education World University Rankings 2023, Delft University of Technology (TU Delft) berada di peringkat ke-70 terbaik di dunia. Delft memiliki lebih dari 40 disiplin ilmu teknis-ilmiah yang diorganisasikan ke dalam delapan fakultas. Bidang studi Teknik Sipil & Struktural, Arsitektur, dan Teknik Mesin. Bagi kamu mahasiswa yang berasal dari Eropa, kamu hanya perlu membayar tuition fee untuk pendidikan bachelor’s tahun 2023-2024 sebesar EUR 2.314. Jika kamu mahasiswa internasional, kamu perlu membayar tuition fee untuk Pendidikan bachelor’s tahun 2023-2024 sebesar EUR 20.560.

 

5)    University of Groningen (UG)

 

University of Groningen merupakan universitas yang terpilih sebagai yang salah satu universitas terbaik di Belanda. Berdasarkan Times Higher Education World University Rankings 2023, University of Groningen berada di peringkat ke-75 terbaik di dunia. Universitas bergengsi ini menyediakan pendidikan berkualitas dalam berbagai disiplin ilmu. Humaniora, ekonomi, ilmu spasial, ilmu alam, dan teknologi adalah beberapa bidang studi yang populer di kalangan mahasiswa internasional. Bagi kamu mahasiswa yang berasal dari Eropa, kamu hanya perlu membayar tuition fee untuk pendidikan bachelor’s tahun 2023-2024 sebesar EUR 4.588. Jika kamu mahasiswa internasional, kamu perlu membayar tuition fee untuk Pendidikan bachelor’s tahun 2023-2024 sebesar EUR 11.200.

 

6)    Leiden University (LEI)

 

Leiden University merupakan lembaga pendidikan tinggi tertua di Belanda. Berdasarkan Times Higher Education World University Rankings 2023, Leiden University (LEI) berada di peringkat ke-77 di dunia. LEI terkenal karena dedikasinya pada ilmu sosial dan berperingkat tinggi dalam sejarah, seni & humaniora, linguistik, farmakologi, arkeologi, kebijakan publik, dan beberapa lainnya. Bagi kamu mahasiswa yang berasal dari Eropa, kamu hanya perlu membayar tuition fee untuk pendidikan bachelor’s tahun 2023-2024 sebesar EUR 2.314. Jika kamu mahasiswa internasional, kamu perlu membayar tuition fee untuk Pendidikan bachelor’s tahun 2023-2024 sebesar EUR 19.600.

 

7)    Erasmus University Rotterdam (EUR)

 

EUR adalah universitas terkemuka di Belanda, terutama dengan kedokteran klinis dan ilmu sosial. Kursus bisnis & ekonomi juga terkenal di salah satu universitas terbaik di Belanda yang jadi favorit mahasiswa internasional ini. Berdasarkan Times Higher Education World University Rankings 2023, Erasmus University Rotterdam (EUR) berada di peringkat ke-80 di dunia. Universitas ini memiliki 7 fakultas yang menawarkan pendidikan berkualitas dalam ilmu kesehatan, kebijakan kesehatan, ekonomi, hukum, ilmu perilaku, sejarah, dan filsafat. Bagi kamu mahasiswa yang berasal dari Eropa, kamu hanya perlu membayar tuition fee untuk pendidikan bachelor’s tahun 2023-2024 sebesar EUR 2.314. Jika kamu mahasiswa internasional, kamu perlu membayar tuition fee untuk Pendidikan bachelor’s tahun 2023-2024 sebesar EUR 13.800.

Related Blog Post

­­SISTEM PENULISAN ALPHABET KOREA YANG UNIK

Tidak dapat dikatakan sepenuhnya bahwa aksara Kor

Yang Di-Pertuan Agong, Kepala Negara Malaysia.

Setiap negara pasti memiliki cerita dan keunikan

Inspirasi Film Bagi Para Pebisnis

Menjadi seorang pebisnis tidak hanya membutuhkan