Sejarah Menara Kembar Petronas

Sejarah Menara Kembar Petronas

Siapa yang tidak tahu Menara Kembar Petronas? Bangunan ikonik ini merupakan gedung pencakar langit kembar yang berada di Kuala Lumpur Malaysia. Gedung ini merupakan spot foto paling populer di Malaysia. Kurang lengkap jika berkunjung ke Malaysia tidak mengabadikan momen di Menara Kembar Petronas

 Menara Petronas merupakan gedung tertinggi di dunia dari tahun 1998 sampai 2004, sampai ketika mereka dilampaui oleh Taipei 101 yang berada di Distrik Xinyi, Taipei. Sekarang Menara Petronas menjadi Gedung Kembar Tertinggi di dunia.

Sejarah Pembangunan

          Kemegahan dari Menara Petronas dirancang oleh arsitek asal Argentina, Cesar Pelli. Pelli menerima penghargaan Aga Khan pada kategori Arsitektur Bergengsi  untuk rancangan Menara Petronas.

          Pembangunan ini memakan anggaran US$ 1,6 Milyar. dibangun diatas pondasi pacuan kuda Kuala Lumpur, Kedalaman batuan dasar menjadikan bangunan ini dibangunan dengan pondasi paling dalam dunia, sedalam 120 meter dengan pengerjaan 1 tahun.

          Menara Petronas memiliki tinggi 88 lantai serta 5 lantai dibawah tanah, serta memiliki luas 395,000m2. Sebagian besar dibangun dari beton bertulang dengan eksterior bangunan dari baja dan kaca yang dirancang menyerupai motif kesenian Islam yang mencerminkan agama Islam di Malaysia.

          Pembangunan Menara Petronas memiliki kontraktor yang berbeda disetiap menaranya, Menara Satu dibangun oleh konsorsium asal Jepang yang dipimpin oleh Hazama Corporation. Sementara, Menara 2 dibangun oleh dua kontraktor asal Korea Selatan, yaitu Samsung C&T dan Kukdong Engineering & Construction. Serta jembatan dikerjakan oleh Kukdoong Engineering.

Memakan waktu 7 tahun dalam pembangunan, dunia dibuat kagum ketika Menara Petronas selesai dibangun pada 1997. Dilapisi baja tahan karat dan motif desain yang islami, Menara Kembar Petronas dinobatkan sebagai bangunan tertinggi di dunia mencapai 452 meter.

Kejadian Bersejarah Menara Petronas

ANCAMAN BOM

Pada tanggal 12 September 2001, pihak gedung mendapat ancaman bom melalui telepon hingga ribuan orang berlarian keluar gedung. Peristiwa ancaman bom terjadi sehari setelah serangan 11 September yang menghancurkan menara kembar World Trade Center di New York, Amerika Serikat.

Regu penjinak bom dikerahkan, tetapi tidak menemukan bom di kedua Menara Petronas. Dalam waktu 3 jam, para pengunjung diizinkan masuk kembali pada waktu tengah hari.

SPIDERMAN PRANCIS

Pada tanggal 1 September 2009 pagi, pemanjat bangunan dari Prancis, Alain “Spiderman” Robert, berhasil memanjat sampai ke puncak Menara Dua tanpa perlengkapan safety. Hanya mengandalkan tangan dan kakinya saja dia bisa menaklukan Menara Dua tidak lebih dari 2 Jam.

Setelah pada 20 Maret 1997, pihak polisi menangkap dia di lantai 60. Genap 10 tahun kemudian dia melakukan percobaan keduanya pada 20 Maret 2007, sekali lagi terhalang di lantai yang sama. Akhirnya, berhasil dipercobaan ketiga pada tahun 2009.

Tempat Perkantoran & Wisata

Menara Satu

Bagi kalian yang belum tahu, Menara Kembar Petronas diambil dari nama Perusahaan milik pemerintah Malaysia yang bergerak dalam bidang Industri Gas dan Minyak yaitu, Petroliam Nasional Berhad atau biasa disingkat Petronas.

Petronas berkantor pusat di Menara Satu. Ada juga beberapa anak usaha serta perusahaan-perusahaan yang terasosiasi dengan Petronas berkantor di gedung yang sama. Dengan kata lain Menara Satu ditempati seluruhnya oleh Petronas

Menara 2

          Sedangkan Menara Dua disewakan oleh beberapa perusahaan Internasional dengan bidang yang berbeda. Seperti Al-Jazeraa yang bergerak dalam bidang media, lalu ada Microsoft yang bergerak dalam mendukung produk dan jasa terkait dengan komputer. 

Related Blog Post

­­SISTEM PENULISAN ALPHABET KOREA YANG UNIK

Tidak dapat dikatakan sepenuhnya bahwa aksara Kor

Tips dan Cara bekerja di Luar Negeri dengan Aman

Bekerja di luar negeri sering kali menjadi impian

3 Fakta Pekerja Migran Indonesia di Arab Saudi!

Indonesia memiliki pekerja migran yang tersebar l