Dragon Boat Festival, Adu Cepat Perahu Naga di Taiwan

Dragon Boat Festival, Adu Cepat Perahu Naga di Taiwan

Festival Perahu Naga, atau yang dikenal sebagai Festival Duanwu, adalah salah satu perayaan tradisional yang sangat dihormati di Taiwan. Merayakan sejarah dan budaya Tionghoa, festival ini menggabungkan lomba perahu naga yang spektakuler, kegiatan tradisional, dan kuliner khas.

SEJARAH FESTIVAL PERAHU NAGA


(Sumber Gambar: Dribble.com)

Sejarah Festival Perahu Naga di Taiwan memiliki kaitan dengan legenda Qu Yuan, seorang penyair Tionghoa kuno yang dikagumi dan dihormati. Menurut cerita, Qu Yuan membenci korupsi pemerintah dan kemudian bunuh diri dengan melompat ke Sungai Miluo.

Orang-orang setempat yang mencintai Qu Yuan berlayar dengan perahu naga dan memukul gendang untuk mengusir makhluk air dan mempertahankan jasadnya. Mereka juga melemparkan zongzi atau bakcang ke air untuk menghindari ikan memakan tubuh Qu Yuan.

TRADISI PERAHU NAGA DAN ZONGZI


(Sumber Gambar: DAYFINDERS.COM)

Lomba perahu naga adalah acara utama dalam Festival Perahu Naga di Taiwan. Tim-tim terdiri dari sekitar 20-30 pendayung yang menggerakkan perahu panjang berbentuk naga dengan irama yang seragam.

Lomba ini diadakan di sungai, danau, atau laut, dan para pendayung mengikuti komando seorang drummer yang memimpin irama. Lomba perahu naga di Taiwan sangat spektakuler, memikat penonton dengan kecepatan dan keterampilan para peserta.

Zongzi adalah makanan khas Festival Perahu Naga di Taiwan. Mereka terbuat dari beras ketan yang dibungkus dalam daun bambu dan dikukus atau direbus. Zongzi diisi dengan berbagai bahan seperti daging babi, kacang hijau, kacang merah, atau kacang-kacangan lainnya.

Makan zongzi menjadi tradisi yang sangat penting selama festival ini, dan orang-orang akan berkumpul bersama keluarga dan teman-teman untuk menikmati hidangan ini.

TRADISI SELAMA FESTIVAL PERAHU NAGA


(Sumber Gambar:  GLOBALTIMES.CN)

Selama Festival Perahu Naga di Taiwan, ada beberapa kegiatan tradisional yang dilakukan. Salah satunya adalah menggantung tas herbal yang disebut Xiong Bao, yang diyakini dapat melindungi dari roh jahat.

Orang juga mengenakan pita warna-warni di pergelangan tangan atau leher sebagai perlindungan dari roh jahat. Selain itu, ada juga pertunjukan tarian dan musik tradisional yang menampilkan warisan budaya Taiwan.

Festival Perahu Naga di Taiwan merupakan perayaan yang memadukan sejarah, tradisi, dan budaya Tionghoa. Lomba perahu naga yang megah, makanan zongzi yang lezat, dan kegiatan tradisional menjadi daya tarik utama festival ini.

Merayakan kekayaan budaya Taiwan, festival ini tidak hanya menarik wisatawan lokal, tetapi juga pengunjung dari seluruh dunia yang ingin merasakan semangat dan keindahan acara tersebut.

Related Blog Post

Inspirasi Film Bagi Para Pebisnis

Menjadi seorang pebisnis tidak hanya membutuhkan

Makanan Indonesia dan Jepang, Mirip tapi tak Sama

Ada beberapa makanan Indonesia dan Jepan

Kai Tak, Bandara "Menyeramkan" di Hongkong

Bandara Kai Tak adalah bandara utama Hong Kong ya