­­SISTEM PENULISAN ALPHABET KOREA YANG UNIK

­­SISTEM PENULISAN ALPHABET KOREA YANG UNIK

Tidak dapat dikatakan sepenuhnya bahwa aksara Korea mengandung alfabet secara umum, karena juga terdiri dari karakter. Sulit untuk mengaitkan pengertian alfabet dengan begitu banyak pemahaman, mengingat kata "alfabet" berasal dari kata Yunani "alfa + beta".

Alfabet resmi Korea atau Hangeul, bis­a dikatakan unik karena merupakan satu-satunya sistem penulisan di dunia yang dibuat dengan pasti. Sebelum Hangeul ditemukan, orang Korea menggunakan karakter Tiongkok yang disebut Hanja.

Namun, Hanja sangat sulit dipelajari, terutama bagi mereka yang berstatus sosial rendah yang kesulitan mengenyam pendidikan. Setelah selesai, Raja Sesong (1418-1450) mulai mengembangkan sistem penulisan baru ini dari tahun 1443, sistem penulisan ini diuji selama tiga tahun sebelum diadopsi pada tahun 1446.

ARTI DARI HANGEUL


(Sumber Gambar: png.tree)

Hangeul terdiri dari dua suku kata yaitu Han dan Geul. Han berarti "besar" atau "hebat" sedangkan Geul berarti "menulis skrip", jadi Hangeul berarti "alfabet besar". Nama asli Hangeul adalah Hunminjeongeum, yang berarti "panduan menulis alfabet yang benar untuk orang-orang".

Hunminjeongeum memiliki 28 huruf pada awal pembuatannya, tetapi seiring waktu 4 huruf telah dihapus dari sistem alfabet. 24 huruf sisanya saat ini dikenal dalam sistem tulisan Hangeul. Huminjeongeum atau Hangeul mudah dipelajari, pasti dan nyaman digunakan.

Sistem penulisan ini dianggap unik. Sebagai bukti dan pengakuan atas fakta ini, Hunminjeongeum Haeryebon dimasukkan oleh UNESCO dan menjadikan 9 Oktober sebagai hari Hangeul atau hari abjad Korea pada Oktober 1997.

JEJAK PERTAMA TULISAN KOREA


(Sumber Gambar: dailysia.com)

Seperti disebutkan sebelumnya, karakter Tiongkok menjadi jembatan pertama dalam sistem penulisan Korea. Selain itu, tidak semua orang memiliki kesempatan untuk mempelajari karakter Tiongkok yang sulit ini.

Belakangan, Raja Sesong merasa tidak nyaman karena banyak rakyatnya yang buta huruf saat itu, kemudian, dengan bantuan siswa dan cendekiawan dari Hall of Worthies atau Jiphyeonjeon, Raja Sesong Agung mulai merumuskan huruf-huruf yang sederhana dan dapat dipelajari oleh semua lapisan masyarakat Korea.

Proyek ini dimulai pada 1443 dan disebut Hunminjeongeum. Pengumuman ini datang dalam bentuk buku berjudul Hunminjeongeum Haeryebon, atau bisa disebut sebagai panduan dalam mempelajari huruf Korea.

RAJA SESONG, SANG PENCETUS HANGEUL


(Sumber Gambar: grid.id)

Raja Sesong adalah raja keempat dinasti Joseon pada tahun 1418. Sebagai seorang pemimpin, beliau selalu mengerahkan segenap kemampuannya untuk tindakan-tindakan yang bertujuan untuk memajukan masyarakatnya, beliau adalah pribadi yang mencintai masyarakat yang dipimpinnya dan selalu berusaha untuk memperbaiki kehidupan rakyatnya.

Hal ini terlihat dari kepemimpinan Raja Sesong yang melakukan perubahan besar antara tahun 1418 sampai 1450, salah satunya adalah untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dalam banyak hal. Kebaikan dan prestasi Raja Sesong membuatnya mendapat julukan "Raja Sejong yang Agung" yang diberikan kepadanya oleh rakyatnya.

Raja yang murah hati ini dihormati hingga saat ini, sebagai bentuk penghormatannya, dengan menunjukkan potret Raja Sesong yang ditampilkan pada pecahan uang 10.000 won.

MUSEUM HANGEUL NASIONAL


(Sumber Gambar: Korea Tourism Organization)

Museum Nasional Hangeul menampilkan sejarah naskah nasional dan bagaimana perubahannya dari waktu ke waktu. Pengunjung juga bisa bermain dan belajar di beberapa zona unik museum ini.

Sobat Choir juga bisa melihat perubahan Hangeul dari tahun 1443 hingga saat ini, serta bisa bermain dengan alat permainan Hangeul sambil belajar membaca dan menulis nama Sobat Choir dan cara Pengucapan dalam Bahasa Korea.

Sobat Choir, yang hobi nonton drama Korea, bahkan mengikuti idol K-pop yang sangat Anda sukai. Mungkin, Sekarang dapat mempelajari karakter dan pengucapan alfabet Korea secara bertahap. Kamu bisa mengambil kursus bahasa korea, menonton drama korea, bahkan mendengar lagu korea dari idola K-pop kamu. 

Related Blog Post

Dragon Boat Festival, Adu Cepat Perahu Naga di Taiwan

Festival Perahu Naga, atau yang dikenal sebagai F

Budaya dan Kebiasaan Unik di Inggris: It's More Than Just Tea and Crumpets

Inggris, sebuah negara yang penuh dengan sejarah d

Keuntungan Bekerja di Taiwan

          Pekerja Migran