7 Makanan Khas Malaysia Terpopuler Terenak

7 Makanan Khas Malaysia Terpopuler Terenak

Malaysia adalah salah satu negara di Asia Tenggara yang memiliki warisan kuliner yang beragam. Malaysia memiliki banyak makanan khas dan bervariasi dengan menghasilkan perpaduan rasa yang unik dan lezat. Penasaran dengan ragamnya makanan khas Malaysia? Simak informasi berikut ini yuk! Berikut adalah beberapa makanan khas Malaysia yang wajib kamu coba.

1)    Nasi Lemak


Nasi lemak merupakan salah satu makanan khas melayu yang mudah ditemukan di Malaysia dimana hidangan ini dianggap sebagai salah satu hidangan nasional Malaysia. Nasi lemak telah lama menjadi bagian dari budaya makanan Melayu di Semenanjung Malaysia, yang disebutkan pada 1909 dalam The Circumstances of Malay Life. Buku karya sarjana Inggris dan pakar Malaya, Sir Richard Olaf Winstedt, itu merinci tentang bagaimana cara petani dan nelayan Melayu memasak nasi dengan menggunakan santan serta bumbu yang berbeda.

Nasi lemak biasanya disantap untuk sarapan, tetapi dapat dinikmati kapan saja. Nasi lemak dibuat dari beras yang dimasak dalam santan dengan penambahan daun pandan. Nasi lemak disajikan dengan berbagai topping, serta lauk, seperti ikan teri goreng yang renyah, irisan mentimun, kacang tanah sangrai, dan juga sambal. Tambahan lain yang populer untuk Nasi lemak adalah ayam goreng, rendang daging sapi, dan telur rebus.

 

2)    Nasi Kandar


Nasi kandar selalu disebut sebagai hidangan khas Penang. Tapi awalnya hidangan ini berasal dari komunitas India yang membawa tradisi kuliner mereka ke Malaysia. Mereka biasa menjual hidangan tersebut dengan menggunakan batang bambu kandar tradisional dan akhirnya menjadi nama hidangan tersebut. Nasi kandar terdiri dari kata nasi (beras) dan kandar (bahu) yang artinya nasi yang dibawa dipikul di bahu. Penjual nasi kandar biasa memikul dua wadah besar yang berisi nasi dan lauk pauk keliling. Nasi kandar menjadi santapan favorit para pekerja imigran di pelabuhan yang rata-rata berprofesi sebagai buruh atau pekerja bangunan. Seiring berjalannya waktu, nasi kandar mulai berevolusi. Restoran nasi kandar mulai bermunculan. Lauk-pauk disajikan di etalase, pembeli dapat memilih sendiri lauk yang diinginkan.

Nasi kandar adalah hidangan yang terdiri dari nasi putih yang disajikan dengan berbagai macam kari dan lauk-pauk. Biasanya, nasi kandar memiliki berbagai pilihan kari seperti udang dan berbagai sayuran. Biasanya dinikmati dengan sambal dan acar sebagai pelengkap.

3)    Nasi Kerabu


Nasi Kerabu berasal dari Kelantan, sebuah negeri di timur laut Malaysia. Makanan ini diperkenalkan pada awal abad ke-19 oleh seorang pengelana yang berasal dari Pattani, sebuah daerah di selatan Thailand. Sejak itu, Nasi ini semakin popular di Malaysia dan menjadi makanan khas negeri Kelantan. Nasi campur khas Malaysia ini telah mempengaruhi budaya makanan di semenanjung Malaysia dan bahkan di luar negeri. Hidangan ini dapat dengan mudah ditemukan di restoran Malaysia.

Ada yang beda dari sajian nasi asal Malaysia yang satu ini. Nasi kerabu adalah hidangan berupa nasi yang berwarna biru cerah, membuat tampilannya sangat unik dan khas. Warna tersebut berasal dari bunga telang. Hidangan ini terdiri dari berbagai macam lauk, seperti ayam percik, ikan goreng, telur, hingga cumi-cumi. Tidak lupa tambahan kerupuk, serundeng kelapa, dan sambal saat dihidangkan.

 

4)    Mee Goreng Mamak


Mee goreng mamak berasal dari negara bagian Penang, Malaysia. Nama 'mamak' merujuk pada pedagang Muslim India yang diyakini telah memperkenalkan resep ini ke wilayah tersebut. Mereka dikenal dengan kemampuan mereka untuk memadukan bumbu dan teknik memasak India dengan bahan lokal Asia Tenggara. Mee goreng mamak adalah salah satu contoh dari hasil kreatifitas kuliner ini. Hidangan ini sangat populer di seluruh Malaysia, terutama di warung-warung makan yang dikelola oleh komunitas Mamak. Mee goreng mamak sering kali menjadi salah satu pilihan menu di restoran dan menjadi favorit di kalangan pengunjung.

Mee goreng mamak terbuat dari mie yang digoreng dengan diberi bumbu berupa saus tomat, terasi, dan saus tiram. Selain itu hidangan ini dapat dinikmati dengan berbagai macam topping, seperti bakso, telur, udang, dan irisan cabai merah. Mie dengan tampilan berwarna coklat kemerahan ini dijamin bikin puas dan kenyang.

 

5)    Assam Laksa


Pada awal abad ke-15, pedagang China pertama kali mengunjungi kepulauan Melayu dan jatuh cinta dengan penduduk setempat. Perkawinan mereka, tidak hanya menciptakan komunitas yang unik, namun juga menciptakan makanan yang beragam. Para istri pedagang ini menambahkan bumbu-bumbu spesial pada sup China tradisional, yang menjadikan terciptanya laksa. Sebenarnya ada beberapa teori mengenai penamaan laksa. Dalam bahasa Hindi laksa berarti sohun, sedangkan menurut bahasa sansekerta laksa memiliki arti sepuluh ribu.

Assam laksa merupakan salah satu jenis hidangan laksa yang dapat ditemukan di kawasan Penang, Malaysia Barat. Assam laksa tidak menggunakan santan dan tidak berkuah kuning, melainkan berkuah bening merah tanpa tambahan santan. Assam laksa menggunakan tambahan asam jawa yang memiliki rasa asam yang segar. Assam laksa biasanya disajikan dengan mie, tauge, telur, dan potongan jeruk nipis

 

6)    Ayam Pongteh


Ayam Pongteh adalah hidangan tradisional Malaysia yang terkenal dan memiliki akar dalam budaya Peranakan yang merupakan perpaduan antara budaya Melayu dan Hokkien. Kata Pongteh berasal dari bahasa Hokkien Pong berarti mentega, sedangkan teh berarti merah atau bunga cengkeh. Ayam Pongteh adalah hidangan yang sering disajikan dalam berbagai perayaan dan acara keluarga di kalangan komunitas Peranakan di Malaysia. Ini adalah hidangan yang memadukan rasa tradisional dengan kekhasan budaya.

Ayam pongteh adalah salah satu hidangan khas Malaysia yang terbuat dari potongan ayam yang dimasak dengan kuah yang terbuat dari campuran tauco, gula merah, dan rempah-rempah seperti bawang putih, lada, dan ketumbar. Sehingga hidangan ini memiliki rasa yang manis, gurih, dan sedikit pedas. Ayam Pongteh sering disajikan dengan kentang, jamur, dan kacang dengan kuah yang lezat.

7)    Ayam Percik


Ayam percik adalah kuliner berbahan dasar ayam yang dioleh dengan beragam jenis rempah. Di Malaysia terkenal dua jenis ayam percik yang dibedakan berdasarkan tempatnya, yakni Kelantan dan Trengganu. Cara memasak ayam percik pun dapat dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari digoreng hingga dipanggang. Di Malaysia terdapat dua jenis ayam percik yang sesuai dengan kategori tempat asalnya, yaitu Ayam Percik Trenggannu dan Ayam Percik Kelantan.

Ayam percik adalah hidangan yang berasal dari negara bagian Kelantan di Malaysia timur laut dan telah menjadi salah satu favorit hidangan di seluruh Malaysia. Ayam percik terdiri dari potongan ayam yang dimarinasi dalam campuran rempah-rempah seperti kunyit, serai, lengkuas, bawang merah, dan bawang putih. Rempah-rempah ini memberikan hidangan itu warna kuning khas dan juga memberikan cita rasa yang khas.

Makanan-makanan ini mencerminkan kekayaan budaya dan tradisi kuliner Malaysia yang beragam. Setiap hidangan memiliki cita rasa dan karakteristik yang unik, menjadikannya sangat menarik untuk dicoba dan dinikmati. Jika kamu berkesempatan mengunjungi Malaysia, pastikan untuk mencicipi hidangan-hidangan lezat ini yaaa!

Related Blog Post

Keuntungan Bekerja di Taiwan

          Pekerja Migran

Makanan Indonesia dan Jepang, Mirip tapi tak Sama

Ada beberapa makanan Indonesia dan Jepan

Mengenal ARC Bagi Warga Asing di Taiwan

Setiap warga negara wajib memiliki identitas, bahk