Tips dan Cara bekerja di Luar Negeri dengan Aman

Tips dan Cara bekerja di Luar Negeri dengan Aman

Bekerja di luar negeri sering kali menjadi impian banyak orang. Selain karena gaji yang tinggi, banyak hal yang membuat banyak orang tertarik untuk bekerja di luar negeri. Misalnya seperti memperdalam skill, melatih kemandirian, sampai menambah pengalaman untuk CV dan portofolio.

Namun, banyak juga yang belum mengetahui informasi tentang cara kerja di luar negeri sehingga mengambil jalan ‘samping’ sampai mereka bekerja di luar negeri secara ilegal tanpa berpikir panjang.

Sebelum Sobat Choir memilih untuk menjadi Pekerja Migran Indonesia (PMI), ada sejumlah hal yang perlu dipertimbangkan agar saat nanti bekerja di luar negeri tanpa harus khawatir berurusan dengan pihak imigrasi di negara tujuan.

Hal yang harus diperhatikan sebelum kerja di Luar Negeri

1.    Menyiapkan syarat serta memenuhi aturan menjadi PMI di Luar Negeri

 

(Sumber Gambar: Jabar News)

Hal yang wajib Sobat Choir ketahui sebelum memutuskan untuk bekerja di luar negeri yaitu memahami syarat dan aturan menjadi PMI di luar negeri.

Menurut UU. No. 18 Tahun 2017, bahwa pekerja Indonesia yang ingin bekerja di luar negeri wajib memenuhi syarat-syarat berikut ini:

·       Calon Pekerja wajib berusia minimal 18 tahun

·       Memiliki kompetensi atau skill

·       Calon pekerja wajib sehat secara jasmani dan rohani

·       Calon pekerja harus terdaftar dan memiliki nomor kepesertaan Jaminan Sosial

·       Calon pekerja wajib memenuhi dokumen-dokumen yang menjadi syarat PMI bekerja di luar negeri.

Untuk kelengkapan dokumen kerja, diatur pada pasal 13 bahwa setiap calon pekerja yang ingin bekerja di luar negeri wajib memenuhi syarat dokumen sebagai berikut:

·       Paspor

·       Surat keterangan sehat

·       Visa Kerja

·       Surat perjanjian penempatan kerja

·       Surat kompetensi kerja

·       Surat izin dari anggota keluarga (Orang tua, suami, istri, wali) yang diketahui kepala desa atau lurah

·       Surat keterangan perkawinan

Itulah syarat-syarat dokumen yang perlu dipenuhi calon PMI yang ingin bekerja diluar negeri

2.    Menguasai Bahasa Asing  

 

(Sumber Gambar: Bhakti Jaya Indonesia)

Saat bekerja di luar negeri, menguasai bahasa asing merupakan keharusan. Karena, Sobat Choir akan bergaul dan berkomunikasi dengan orang yang beda budaya dengan masyarakat di Indonesia.

          Bahasa asing yang umumnya dikuasai adalah bahasa Inggris, karena merupakan bahasa Internasional yang digunakan PMI di luar negeri.

          Sobat Choir perlu mempelajari bahasa yang digunakan oleh negara yang akan dituju untuk bekerja. Apabila Sobat Choir memilih penempatan saat menjadi PMI di Taiwan, Sobat Choir perlu menguasai bahasa Mandarin, jika akan ditempatkan di Arab Saudi, Sobat Choir perlu menguasai bahasa Arab.

3.    Biaya Hidup

 

(Sumber Gambar: Jun Rong Loo/Unsplash)

Salah satu hal yang wajib menjadi pertimbangan sebelum bekerja di luar negeri adalah biaya hidup sehari-hari di negara tujuan. Sobat Choir bisa melakukan riset dengan menghubungi grup atau komunitas Pekerja Migran Indonesia yang bekerja di negara tujuan untuk mengetahui berapa estimasi biaya hidup sehari-hari di sana.

 

Tips dan Cara Bekerja di Luar Negeri

1.    Program Magang

 

(Sumber Gambar: Stipram.ac.id)

Sobat Choirbisa mencari program magang di luar negeri pada situs Depnaker serta situs lowongan kerja lainnya. Umumnya, jika kamu tidak punya izin kerja di negara tujuan. Kamu bisa mengikuti program magang yang tidak berbayar.

Jika program magang kamu adalah magang yang berbayar, kamu biasanya perlu memiliki izin kerja di negara tujuan.

Untuk kerja di luar negeri melalui Depnaker, bisa mendaftarkan diri dan mengikuti tahapan rekrutmen sebelum dikirim ke negara tujuan untuk bekerja.

2.    Mengambil Program Working Holiday

 

(Sumber Gambar: Kerjadiaustralia.com.au)

Sobat Choir bisa bekerja sementara sambil liburan di negara tujuan. Untuk bisa bekerja di luar negeri dengan cara ini, Sobat Choir harus mengikuti tes kompetensi bahasa Inggris terlebih dahulu.

Salah satu negara yang membuka Working Holiday adalah Australia. Sobat Choir bisa mengumpulkan semua informasi tersebut di website imigrasi.go.id atau langsung ke Indonesia.embassy.gov.au

3.    Melamar Langsung di Perusahaan

 

(Sumber Gambar: Kerjaluarnegeri.com)

Cara kerja selanjutnya dengan melamar langsung dengan perusahaan yang bersangkutan.

Jika sudah lolos rekrutmen dari perusahaan di negara tujuan, biasanya pihak perusahaan akan membantu Sobat Choir untuk mengurus berbagai dokumen penting yang menjadi syarat PMI di luar negeri.

Keuntungan bekerja dengan cara seperti ini yaitu Sobat Choir punya status sebagai PMI yang legal di negara tujuan. Karena yang menjadi penanggung jawab dan penjamin kamu selama bekerja di luar negeri yaitu pihak perusahaan.

TIPS SAAT KERJA DI LUAR NEGERI

1.    Riset Negara Tujuan

Melakukan riset tentang budaya kerja negara tujuan menjadi modal yang bermanfaat bagi Sobat Choir saat bekerja di luar negeri.

Sobat Choir, bisa mencari informasi melalui teman atau kerabat yang lebih mengetahui ataupun lebih dulu tinggal di negara tujuan.

2.    Melatih Kemampuan

Saat menjadi tenaga kerja asing di luar negeri, tentu akan ada tuntutan tenaga kerja asing untuk punya kemampuan lebih dibanding tenaga kerja lokal. Maka dari itu, Sobat Choir harus terus melatih kemampuan dan kompetensi agar tidak kalah saing dengan tenaga kerja lokal di negara tujuan.

3.    Menghemat Biaya Hidup sehari-hari

Bekerja diluar negeri, Sobat Choir bukan hanya bekerja untuk diri sendiri. Ada juga anggota keluarga di Indonesia yang juga perlu dinafkahi.

Menghemat Biaya hidup saat kerja di luar negeri merupakan cara terbaik yang bisa dilakukan agar kehidupan di luar negeri tercukupi sekaligus menyisihkan sebagian uang untuk dikirimkan ke keluarga di tanah air.

Demikianlah bagaimana cara kerja di luar negeri bagi Sobat Choir yang saat ini tertarik untuk mencari peruntungan di negeri orang. Agar Sobat Choir tidak berurusan dengan pihak imigrasi, pastikan bahwa Sobat Choir ingin bekerja di luar negeri telah memahami aturan dan syarat yang sudah ditentukan.

Related Blog Post

HATI-HATI! Modus Baru Penipuan Berkedok ‘Tagihan BPJS’

Setelah masyarakat Indonesia digegerkan dengan pe

Keuntungan Bekerja di Taiwan

          Pekerja Migran

Inspirasi Film Bagi Para Pebisnis

Menjadi seorang pebisnis tidak hanya membutuhkan